Kamis, 28 Juni 2012

Tukang Beli Obat


Kali ini saya akan menulis fakta yang terjadi di masyarakat dan kebetulan berkaitan dengan background pendidikan saya.
Di suatu pagi, di daerah Cilincing-Jakarta Utara, sekitar pukul 9, ketika para ibu rumah tangga sedang berkumpul alih-alih menunggu tukang sayur malah bergosip ria, lewatlah pria paruh baya bertopi dengan mengendarai sepeda kumbangnya.

pengendara sepeda di atas bukan tukang beli obat loh. Hanya untuk mendeskripsikan cerita saya saja.


“Obat,,,obat,,,obat!!!”

Hmmmmm, agak aneh nih kedengarannya. Saya sudah familiar dengan tawaran “sooooooolll sepaaaaaaaatttttuuuuuu” atau “perabot,,,perabooooot” dan “naaaaaaasi keriiiiiing” bahkan “jual emas, perak,,, cincin patah, anting sebelah”.  Tapi, “Obat, obat”?.
Entah mengerti wajah penasaran saya, atau karena melihat sekumpulan ibu-ibu sedang bergosip, Bapak itu berhenti.
 “Ada yang punya obat bu?” tanyanya.
“Kagak ada, obat gue dah habis” kata Nenek Alda.
“Gak ada Bang, gak sakit, males ngantri juga kalo berobat” sahut Ibu Ria.
 Cuma saya yang bengong masih menebak-nebak sendiri.
‘Ooo, ni Bapak calo apotek kali. Dia makelar resep. Jadi kalau ada orang-orang yang males antri ambil obat, resepnya dia yang bawa, dia yang nebusin di apotek, ntar obatnya dianterin ke rumah pasien itu lagi.’ Kata Sok Tau,-suara hati saya.
‘Ah, tapi kan rumah saya gak dekat ama rumah sakit’ kata Pembantah, - suara hati saya yang lain.
Gak betah mendengar  perdebatan suara hati saya, akhirnya saya bertanya ke Ibu Bari, setelah Bapak tadi pergi tentunya.
“Nawarin apaan tu Bu?”
“O, itu… Kalo Mbaknya punya obat yang udah gak kepake lagi, tawarin aja ke Bapak tadi. Ntar sama dia dipilih-pilih, trus dibeli. Lumayan loh Mbak. Pas kemarin Mbak Tin punya obat sampe 300ribu dibeli ama Bapak itu.” Jelas Ibu Bari.
“Trus obatnya diapain Bu, sama dia?”
“Katanya dijual lagi sama yang perlu obatnya,,,eeeehhhh” Ibu Ria seakan tersadar baru membocorkan rahasia gembong mafia pada pak polisi.
“Atau mungkin ke apotek atau rumah sakit gitu loh Mbak.” merevisi kalimatnya agar nampak logis.
“Waaaaah, gak bener tuh bu. Ntar kalo obatnya ternyata udah kadaluarsa trus dikasih ke pasien ‘kan bahaya Bu. Kalo kita yang jadi pasiennya bagaimana bu?”
 “Oh, Iya, ya Mbak? Aturan gak boleh ya?”
“Ya gak boleh lah Bu. Kalo emang obat dah gak kepake lagi karena sudah sembuh, ya coba dikembalikan atau diganti vitamin di apotek tempat beli obatnya. Atau kalo pas sakit, nebus  obatnya separuh dulu, ntar kalo belum sembuh yang separuhnya ditebus lagi. Kecuali untuk obat-obat tertentu yang memang harus dimunum sampai habis sesuai dosis dari dokter.” Saya ngempet emosi menjelaskan.

>tampar muka sendiri, di mana kau wahai profesionalisme?<

Tidak ada komentar: